Senin, 13 Mei 2019

EAS MPPL 2019

1. Sebutkan proses-proses dalam manajemen proyek untuk mengerjakan proyek diatas
  • Initiating — Tahap permulaan ketika sponsor memberikan mandat kerja kepada PM.
  • Planning — Tahap perencanaan yang berisi Project Scope dan pendefinisian aktivitas untuk menyelesaikan suatu proyek.
  • Execution — Tahap pelaksanaan proyek dimana pengendalian jadwal, anggaran, dan pengawasan mutu menjadi tugas utama yang harus dilakukan oleh manajer proyek.
  • Monitoring & Controlling –  Tahap pengendalian sejak tahap perencanaan hingga proses eksekusi selesai dilaksanakan.
  • Closing — Tahap untuk mengakhiri sebuah proyek dimana Project Manager secara resmi mendokumentasikan seluruh arsip proyek dan catatan hasil pembelajaran proyek (lessons learned).
2. Jelaskan keuntungan penerapan manajemen proyek di dalam pembuatan aplikasi atau sistem informasi

  • Kontrol yang lebih baik di bidang keuangan, fisik, dan sdm.
    • Dengan adanya kontrol yang baik dalam bidang keuangan, fisik, dan sdm membuat suatu orgnaisasi menjadi lebih teratur dan bisa mendapat keuntungan yang lebih baik bagi organisasi tersebut serta manajemen proyek yang lebih terarah pada tujuannya.
  • Meningkatnya relasi dengan customer.
    • Meningkatnya relasi dengan customer juga memberikan keuntungan bagi suatu organisasi. Dengan meningkatnya relasi dengan customer maka meingkat pula rasa kepercayaan customer dengan organisasi tersebut.
  • Waktu pembangunan yang lebih singkat.
    • Dengan waktu pembangunan yang cepat memberikan keuntungan bagi organisasi.
  • Biaya yang lebih rendah.
    • Dengan biaya yang lebih rendah maka suatu organisasi tidak membutuhkan biaya yang banyak.
  • Kualitas lebih tinggi & meningkatnya reliabilitas.
  • Keuntungan yang lebih besar.
  • Meningkatnya produktivitas.
  • Koordinasi yang lebih baik.
  • Moral pekerja lebih baik.


3. Modul atau fitur apa saja yang harus tersedia di dalam sistem manajemen layanan TI (IT Service Management) sesuai studi kasus. Jelaskan.


  • Fitur pencatatan keluhan dan kendala terkait sistem
  • Fitur untuk menampilkan semua daftar keluhan
  • Fitur untuk mengelompokkan keluhan dan kendala berdasarkan jenisnya (kerusakan operating system, kerusakan hardware, keluhan terkait jaringan, dsb)
  • Fitur untuk checklist perbaikan
  • Fitur untuk menghitung jumlah biaya yang diperlukan 
  • Fitur rekapitulasi bulanan anggaran untuk perbaikan


4. Siapa saja user yang akan menggunakan sistem, definisikan dan gambarkan aliran aktivitasnya (flow activity)
User:
  • Biro TI
  • Staff pegawai BPKAD
  • Akuntan BPKAD


5. Jika disediakan dana 500 juta dan waktu pengerjaan 4 bulan buatlah perencanaan proyeknya.

  • Waktu pengerjaan 4 bulan dimulai dari 14 Mei 2019

  • Disediakan dana 500 juta
Work Breakdown Structure (WBS)

Cost Planning

Cost Estimation

Cost Budgeting

Cost Controlling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar