Senin, 25 Februari 2019

Tugas 1 - MPPL D: Memrise

Memrise

  • Deskripsi Aplikasi

Memrise adalah aplikasi online interaktif berbasis android yang membantu kita untuk bisa mempelajari bahasa asing tanpa harus mengambil kursus Bahasa ke sebuah lembaga. Cukup dengan aplikasi ini, kita bisa menguasai beberapa kosakata bahasa asing dengan dilengkapi pengucapan dan arti dari kata tersebut dalam bahasa Indonesia.
Terdapat banyak pelajaran bahasa asing dalam aplikasi Memrise dan kita bisa mempelajari mulai dari bahasa Inggris, Jepang, Spanyol, Italia, Jerman dan banyak pilihan bahasa lainnya yang siap kita pelajari hanya dengan menggunakan smartphone.
  • Budget dan Aplikasi sebanding

Aplikasi Memrise termasuk In-App Purchasing, karena jika ingin memiliki akses lebih ke beberapa fitur, kita harus mendaftarkan secara premium yang akan dikenakan biaya sekitar 300 ribu rupiah per tahunnya. Namun, free use pun tidak akan kalah fitur dengan aplikasi lain yang serupa seperti duolingo, dan lain sebagainya. Dikarenakan memrise memang memiliki berbagai keunggulan daripada aplikasi lain, seperti (1) Total Bahasa yang bisa dipelajari di Memrise adalah lebih dari 180 bahasa, termasuk Toki Pona (Bahasa buatan) dan Esperanto (Bahasa yang hampir punah), (2) Memrise sempat menjadi Best-App 2017, dan (3) Selain bahasa, topik-topik yang tercakup dalam Memrise di antaranya adalah seni, sains, matematika, pengetahuan alam, sejarah, dan geografi.
Semua kelas dibuat oleh ahli profesional di bidang masing-masing dan diperbaiki oleh pengguna yang pernah mempelajari bidang tersebut sehingga memastikan kelas berkualitas tinggi dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ketika memulai pelajaran, Anda dapat melanjutkan kemajuan dari menu utama yang menampilkan persentase pelajaran yang telah Anda selesaikan dan apa yang masih harus dirampungkan. Ini mempermudah pengelolaan waktu yang dicurahkan pada berbagai bidang jika Anda mengambil beberapa kelas dalam satu waktu.
  • Fitur dan Kegunaan

- Suara

Di setiap kosakata yang terdapat di aplikasi ini, dilengkapi dengan fitur suara yang membantu kita untuk mengetahui bagaimana pengucapan yang benar dari kata tersebut. Hal ini sangat mempengaruhi cara kita mengingat kata-kata dari bahasa asing yang kita pelajari.

- Pertanyaan Berulang

Fitur ini memungkinkan kita untuk menjawab soal-soal pilihan ganda dan isian yang selalu diulang namun diacak untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mempelajari kosakata baru. Cara ini cukup efektif karena secara tidak langsung kita bisa mengingat kata-kata baru beserta artinya karena selalu di ulang-ulang.



- Ranking / Level

Pada setiap pertanyaan yang kita selesaikan berarti kita telah melewati 1 level dan akan mendapatkan point. Semakin banyak kita belajar, semakin banyak kosakata yang kita tau, semakin banyak pertanyaan yang kita jawab semakin tinggi pula poin yang akan kita dapatkan. 


Cara menggunakannya mudah. Kita cukup memilih satu dari ratusan bahasa yang tersedia di Memrise, seperti bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Portugis, Mandarin, Korea dan sebagainya. Setelah itu, kita akan diajak mempelajari kata-kata baru. Sistem dalam aplikasi ini merangsang otak kita untuk mempelajari 44 kata per jam.
               Jangan khawatir bosan. Soalnya, pelajaran bahasa asing dari Memrise cukup unik. Kita akan diajak belajar lewat native speaker dan game. Selain itu, kita juga bisa mencoba berbagai fitur, seperti Visual Learning, Review & Strengthen, Rapid Recall dan lainnya. Fungsinya agar kita nggak lupa dengan kata yang pernah dipelajari. O iya, ada juga fitur Difficult Word buat yang pengin menantang kemampuan lebih jauh. Kita juga bisa mencoba fitur Listening Skill untuk membantu mempelajari cara pengucapan suatu kata dari bahasa tertentu sekaligus mengasah pendengaran.
               Selain membantu memahami kata per kata, Aplikasi yang dapat diunduh gratis oleh pengguna iOs dan Android ini juga membantu kita mempelajari penggunaan kata dalam kalimat. Kita bisa belajar bercakap-cakap dengan bahasa tersebut.  Ditambah, jiwa kompetitif kita akan diasah, karena aplikasi ini memungkinkan kita mengadu hasil high score dengan teman-teman.


  •  Informasi Pengembangan Aplikasi

     Available in:

English, Korean, Spanish, Japanese, French, German, Russian, Chinese, Vietnamese, Portuguese, Swedish, Norwegian, Danish, Arabic, Dutch, Indonesian, Italian, Polish, Turkish.
Founded
US (2005)
Area served
Worldwide
Greg Detre, Ed Cooke, Ben Whately[1]
CEO
Ed Cooke
Website
Alexa rank
Increase2,873 (July 2017)[2]
Registration
Yes
Launched
September 2010
Current status
Active

Referensi




















1 komentar:

  1. Your article is extraordinarily smart.I love to browse your diary's posts everyday and that i got vast facilitate from your blog and developed a replacement app crunchyroll premium apk you'll check.Thanks for wonderful diary.

    BalasHapus